id

Pembebasan Jalur Kereta Bandara Soetta Sudah 81 Persen

By  Des 08, 2016 | 17:42
Kepala BPN Kota Tangerang Badrus Salim menyerahkan pembayaran ganti rugi pembebasan jalur kereta Bandara Soekarno Hatta Tangerang.(Banten Hits/ Maya Aulia Aprilianti)

 

Banten Hits - Proyek pembebasan lahan yang terkena jalur kereta api Bandara Soekarno Hatta Tangerang saat ini sudah mencapai 81, 64 persen dengan luas 301.805 m2 dari jumlah total 369.689 m2.

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang menargetkan, akhir tahun 2016 pembebasan lahan yang digunakan untuk jalur kereta Bandara Soekarno Hatta mencapai 95 persen.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPN Kota Tangerang Badrus Salim saat melakukan pembayaran ganti rugi pembebasan lahan kereta Bandara Soekarno Hatta Tangerang, di Aula Kantor BPN Kota Tangerang, Rabu (7/12/2016).

Pembayaran yang ke-26 Kali ini melibatkan 3 kelurahan, yakni Kelurahan Batusari, Kelurahan Poris Plawad, dan Kelurahan Tanah Tinggi.

"Ini merupakan pembayaran yang ke-26 kalinya untuk KAI," kata Badrus Salim.

Menurut Badrus, total lahan yang dibebaskan sebanyak 23 bidang dengan luas 5.865 m2, dengan rincian Kelurahan Batusari seluas 135 m2, Kelurahan Poris Plawad seluas 4.352 m2, dan Kelurahan Tanah Tinggi seluas 1.378 m2 dengan total nilai Rp 31.052.028.000.

"Yang paling banyak adalah Kelurahan Poris Plawad, ada 20 bidang," terangnya.

Badrus mengatakan saat ini bidang yang belum dapat dibayarkan terkendala verifikasi data.

"Memang verifikasi data yang paling menjadi hambatan. Kemarin ada juga yang menggugat ke pengadilan lalu kalah, jadi kita baru bisa verifikasi datanya untuk dibayarkan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Badrus, ada juga perusahaan yang ikut terdampak menyebabkan proses pembebasan lahan terhambat.

"Memang ada juga pabrik yang terkena. Kita harus pikirkan juga kan nasib karyawan-karyawannya. Kemarin ada yang minta dicarikan lahan untuk pindahnya kita bantu juga," jelasnya.(Rus)

 

Maya Aulia A

Perempuan supel kelahiran Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang ini memiliki talenta mengajar sesuai bidang kuliahnya di Universitas Negeri Jakarta. Bergabung di Banten Hits adalah karir perdananya di bidang jurnalistik.

Ayoo Berlangganan Berita Kami