id

Dinkes Tangerang Temukan Tahu Berformalin di Pasar Sentiong Balaraja

By  Jun 06, 2017 | 13:15
Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang saat menguji lab 21 sampel yang ditemukan.(Banten Hits/Ahmad Ramdzy)

Tangerang - Pedagang di pasar tradisional Sentiong, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang kalang kabut. Pasalnya, rombongan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat melakukan sidak ke pasar tersebut untuk mengecek bahan makanan yang ada di pasar. Hasilnya­ ditemukan bahan makanan seperti tahu yang mengandung formalin, Selasa (6/6/2017).

 

"Kita temukan dua makanan mengandung bahan berbahaya yakni, tahu yang berwarna coklat mengandung formalin dan pacar cina mengandung Rhodamin B," ujar Kepala Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan, Muji Raharja.

Penemuan tersebut setelah tim pengawasan Dinas Kesehatan melakukan pengecekan terhadap 21 sample makanan di pasar tersebut.

"Dari 21, Kita sudah melakukan uji laboratorium dan ternyata hasilnya tahu dan pacar cina yang mengandung bahan berbahaya," tutur Muji.

Selain Sidak makanan, pedagang pasar Sentiong juga dikejutkan kedatangan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan rombongan saat memantau langsung kebutuhan pokok yang ada di pasar tersebut. Menurut Zaki kebutuhan pokok yang ada di pasar itu masih stabil.

"Setelah kita lihat memang ada kenaikan beberapa komoditas, namun kenaikan itu masih tahap wajar," tandas Zaki.(Zie)

Ahmad Ramdzy

Memulai karir jurnalistik di situs berita Banten Hits. Dia pernah menjadi pelatih futsal di sejumlah sekolah menenangah atas di Tangerang. Dia memiliki minat mengajar sesuai bidang studi semasa kuliah dulu.

Ayoo Berlangganan Berita Kami