id

Polisi Gelar Tes Urine Sopir Bus Angkutan Lebaran di Terminal Poris Plawad Tangerang

By  Jun 19, 2017 | 14:21
Sopir angkutan Lebaran di Tangerang dites urine sebelum membawa penumpang.(Banten Hits/Maya Aulia)

Tangerang - Petugas Satuan Narkoba Polres Metro Tangerang Kota serta Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang menggelar tes urine bagi para awak sopir bus di terminal Poris Plawad, Jalan  Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Senin (19/6/2017). Selain tes urine, puluhan sopir juga diperiksa kesehatan fisiknya oleh bidokes kepolisian.

 

Dalam tes urin tersebut, puluhan pengemudi bus yang beroperasi di Terminal Poris Plawad mengikuti tes urine yang disaksikan langsung oleh Kapolres Metro Tangerang Kota dan Kepala Terminal Poris Plawad Kota Tangerang.

"Jadi ini dalam rangka pengamanan angkutan lebaran, dimana pengemudi harus terbebas dari segala pengaruh narkoba," ujar Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Harry Kurniawan.

Dirinya mengatakan, kegiatan yang merupakan gabungan dari beberapa instasi dan jasa asuransi ini merupakan rangkaian pengamanan lebaran. Nantinya, supir yang tidak melakukan tes urin tidak diperkenankan berangkat.

"urinenya negatif baru bisa berangkat. Yang tidak melakukan tes urine kita sudah koordinasikan dengan Kepala Terminal tidak akan diijinkan jalan," kata Harry.

Sementara itu, Harry mengaku akan memproses hukum pengemudi yang kedapatan positif mengonsumsi narkoba.

"Tapi kan kalau dia baru mengkonsumsi obat-obatan yang didalamnya terdapat zat yang mirip narkoba maka kita akan lakukan pemeriksaan terlebih dahulu," tandasnya.(Zie)

Maya Aulia A

Perempuan supel kelahiran Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang ini memiliki talenta mengajar sesuai bidang kuliahnya di Universitas Negeri Jakarta. Bergabung di Banten Hits adalah karir perdananya di bidang jurnalistik.