id

Sukses Kibarkan Merah Putih di Laut Tanjung Lesung, 17 Pramuka Dilatih TNI AL Selama 3 Bulan

By  Agu 18, 2017 | 11:09
Bendera merah putih berkibar di tengah laut Tanjung Lesung, Pandeglang. Pengibaran bendera oleh 17 anggota Saka Bahari Banten ini juga bekerja sama dengan PT Banten West Java selaku pengelola KEK Tanjung Lesung. (Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang - Bendera merah putih sukses berkibar saat hari kemerdekaan RI ke-72, di tengah laut Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Kamis (17/8/2017).

Bendera merah putih dikibarkan oleh 17 anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari Banten dari bawah laut Tanjung Lesung yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Proses pengibaran bendera merah putih dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Namun, untuk dapat mengibarkan bendera merah putih dari dasar laut, 17 anggota Pramuka ini harus berlatih secara intensif selama 3 bulan oleh anggota marinir TNI Angkatan Laut (AL).

"Latihan-latihan yang dilakukan untuk menguasai teknik-teknik penyelaman yang baik dan teknik upacara pengibaran bendera dengan metode kode," kata Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarda Banten, Cepi Syafrul Alam.

Metode kode digunakan karena selama proses pengibaran bendera di bawah laut tidak diputar lagu Indonesia Raya seperti upacara yang dilakukan di darat.

"Mereka adalah anggota Pramuka tingkatan penggalang hingga penegak," imbuhnya.(Nda)