id

Kemiskinan dan Pengangguran di Pandeglang Turun Berkat Dana Desa

By  Okt 10, 2017 | 08:53
Bupati Pandeglang Irna Narulita saat mengunjungi keluarga miskin di Pandeglang beberapa waktu lalu.(Dok. Banten Hits)

 

Pandeglang - Bupati Pandeglang Irna Narulita menyebut, kucuran Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat berpengaruh signifikan mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di kabupaten tertinggal itu.

Irna merujuk pada hasil laporan analisis Badan Pusat Stastistik (BPS) Pandeglang yang menyampaikan angka pengangguran mampu ditekan sebesar 3,1 persen, sedangkan angka kemesikinan turun sebesar 0,43 persen.

"Angka kemiskinan selalu menurun sejak tahun 2015, berarti hampir 10.000 orang miskin beranjak ke tarap hidup yang lebih baik," ucapnya, Senin (9/10/2017).

Menurut Irna, Dana Desa mampu mengangkat perekonomian masyarakat, sehingga dirinya merasa tak perlu mengeluarkan instruksi khusus terkait penggunaan Dana Desa sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo saat meresmikan Embung di Desa Muruy, Kecamatan Menes, Rabu (4/10/2017). 

"Sepanjang DPMPD dan camat masih bisa monev dan mengawal mereka, tentunya ibu tidak perlu mengeluarkan instruksi (penggunaan dana desa). Hanya ibu mengawal ketat," ungkapnya.

Irna meminta, pembangunan desa yang bersumber dari dana desa memberdayakan tenaga kerja lokal. Ia mencontohkan jika satu proyek pembangunan bisa menyerap 15 tenaga kerja, maka akan ada 4.890 tenaga kerja yang diserap hanya dari satu program.

"Jika satu Embung saja melibatkan 15 orang berarti akan menambah pendapatan masyarakat desa. Itu baru satu itu saja, belum item yang lain. Jadi saya sangat berharap dari DD ini ini perekonomian yang baik dan bergerak terus sehingga kesejahteraan masyarakat desa akan terangkat," ujarnya.(Rus)

 

Ayoo Berlangganan Berita Kami