id

Maja Pasar Jadi Pilot Project Kampung KB di Lebak

By  Nov 10, 2017 | 15:24
Pendandatangan prasasti Kampung KB di Sajiramekar, Kecamatan Sajira oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. (Dok. Banten Hits/Fariz Abdullah)

Lebak - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lebak menunjuk Kampung Maja Pasar, di Desa Maja, Kecamatan Maja sebagai pilot project Program Kampung Keluarga Berkualitas (KB).

BACA JUGA: Pemkab Lebak Canangkan Kampung KB di Desa Tertinggal

Sekretaris DP2KBP3A Lebak Heru Haerudin menjelaskan, dipilihnya Kampung Maja Pasar sebagai percontohan program tersebut mengingat, tingginya tingkat partisipasi masyarakat terhadap upaya peningkatan kesehatan, pendidikan, pertanian dan lain-lain.

"Warga sedang membangun rumah data di tengah-tengah permukiman untuk menunjukkan bahwa kampung mereka dalah Kampung KB. Begitu juga di pintu masuk kampung dibangun gapura bertuliskan Kampung KB," ujar Heru, Jumata (10/11/2017).

Penetapan Maja Pasar sebaga percontohan bagi kampung-kampung lainnya dilakukan bersadaran survei di Kampunag KB lainnya. Dari hasil survei tersebut, DP2KBP3A sepakat memilih Maja Pasar.

BACA JUGA: Kampung KB Bisa Jadi Solusi di Tengah Maraknya Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan

“Kami yakin, bila masyarakat di Kampung KB di masing-masing kecamatan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kemajuan lingkungan masyarakat, maka bisa setara dengan Kampung KB Maja Pasar,” jelasnya.

Diharapkan, melalui Kampung KB yang sejalan dengan program Pemkab Lebak, tingkat kesejahteraan, pendidikan, ekonomi dan kesehatan masyarakat meningkat sesuai dengan harapan pemerintah.(Nda)

Ayoo Berlangganan Berita Kami