id

Keliru Jika saat Diet Harus Hindari Lemak, Ini Diet Ketogenic Ala Chef Edwin Lau

By  Okt 07, 2017 | 12:37
Chef Edwin Lau sajikan menu makanan sehat untuk diet. (Foto: Yogi Triandono)

Tangerang - Mempunyai berat badan ideal tentu menjadi keinginan banyak orang. Bagi orang yang sangat memperhatikan penampilannya, berbagai cara akan dilakukan auntuk mendapatkan berat badan ideal. Selain itu, kelebihan berat badan juga meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit.

Diet, merupakan salah satu usaha yang dilakukan banyak orang untuk mendapatkan berat badan ideal. Akan tetapi, tidak sedikit pula orang yang justru terjebak saat melakukan diet malah menyiksa diri dengan melakukan diet yang ketat dengan harapan agar berat badan bisa turun dengan drastis yang justru tidak aman bagi kesehatan.

Masalah lain dalam diet adalah, masih banyak orang yang berfikir jika saat diet harus sebisa mungkin menghindari makanan berlemak. Namun faktanya, bukan itu yang menjadi masalah berat badan naik. Problem masyarakat Indonesia yang tidak dapat menghindari lemak saat diet merupakan faktor utama gagalnya diet.

"Pola fikir ini yang harus kita rubah, bahwa diet harus menghindari lemak. Faktanya bukan itu penyebab masalah pada berat badan maupun kesehatan yang dialami sebagain besar masyarakat Indonesia," kata Chef Edwin Lau saat memandu cooking class Superbrands Smart Festival 2017, Minggu (24/9/2017) lalu.

Edwin mengenalkan metode Diet Ketogenic. Awalnya, metode ini adalah metode yang digunakan untuk mengobati para penderita Epilepsi. Metode diet ini, adalah menghindari asupan gula termasuk karbohidrat. Tubuh akan dipaksa membakar energi dari lemak bukan dari gula.

"Metode diet ini sangat enak, makin berlemak makanan yang dimakan, semakin baik. Kita boleh menggunakan minyak, garam, asalkan jangan menggunakan gula, porsi karbohidrat pun hanya bisa 500 gram perharinya," terang Edwin.

Salah satu menu yang ditawarkan adalah Chi-Fi, dimana bahan utamanya adalah ayam dan ikan. Lewat menu ini, Edwin ingin menunjukkan diet merupakan kegiatan yang menyenangkan.

"Kebanyakan masyarakat Indonesia senang dengan daging ayam dan ikan, sebenarnya bisa diganti dengan daging sapi maupun udang, ini menu yang sangat enak dan tidak seperti diet pada umumnya sehingga saya pilih menu ini," katanya.

Edwin mengajak masyarakat yang ingin mendapatkan berat badan ideal agar memilih metode diet yang cerdas, tidak menyiksa diri dan menyehatkan bagi tubuh.(Nda)

Yogi Triandono

Pria asal Teluk Naga, Kabupaten Tangerang ini memulai karir jurnalistik di Banten Hits. Dia menekuni dunia jurnalistik sesuai disiplin ilmu yang diperoleh semasa kuliah di Universitas Budi Luhur. Yogi juga memiliki ketertarikan yang mendalam terhadap dunia seni dan sastra.