id

Sambut Ramadan, Masyarakat Tangerang Gelar Keramas Bareng di Bantaran Sungai Cisadane

By  Mei 25, 2017 | 19:36
Tradisi keramas bareng masyarakat Tangerang setiap menjelang bulan suci Ramadan.(Banten Hits/Yogi Triandono)

Tangerang - Kebiasaan keramas bersama menjelang bulan suci Ramadan kembali dilakukan warga Kelurahan Babakan, Kecamatan Sukasari, Kota Tangerang di bantaran Sungai Cisadane, Kamis (25/5/2017) sore.

 

Ratusan warga yang memadati pinggir Sungai Cisadane dari Jalan Perintis Kemerdekaan ke arah kawasan wisata Pasar Lama itu masing-masing telah memegang shampo sachet dengan gayung di tangannya.

Selesai salat Ashar, masyarakat berbondong-bondong ke bantaran sungai Cisadane anak-anak hingga orang dewasa ikut membersihkan diri di bantaran sungai tersebut. Tak jarang masyarakat saling membersihkan satu sama lain demi mensucikan diri menyambut bulan puasa yang akan tiba.

Yani (40), salah satu warga mengatakan, bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya dalam menyambut bulan Ramadan. Selain untuk mensucikan diri, kegiatan ini juga dijadikan ajang rekreasi serta silaturahmi bagi masyarakat.

"Kegiatan tahunan ini, selain untuk mensucikan diri, juga sebagai hiburan masyarakat. Selain itu juga sebagai silahturahmi, saling maaf-maafan menyambut bulan puasa" ujarnya.

Senada dengan Yani, Tuti warga lainnya mengungkapkan, bahwa kegiatan positif ini diharapkan terus berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya. Selain itu, ia juga berharap kepada pemerintah Kota dan Masyarakat untuk menjaga kualitas air sungai cisadane agar dapat dikonsumsi masyarakat sekitar bantaran sungai Cisadane.

"Semoga kegiatan ini terus berlanjut ditahun-tahun yang akan datang. Selain itu Pemerintah Kota Tangerang bersama masyarakat juga turut menjaga air sungai cisadane agar tidak kotor dan bau agar bisa dinikmati masyarakat juga," tuturnya.(Zie)

Yogi Triandono

Pria asal Teluk Naga, Kabupaten Tangerang ini memulai karir jurnalistik di Banten Hits. Dia menekuni dunia jurnalistik sesuai disiplin ilmu yang diperoleh semasa kuliah di Universitas Budi Luhur. Yogi juga memiliki ketertarikan yang mendalam terhadap dunia seni dan sastra.

Ayoo Berlangganan Berita Kami