id

Seni Mural di Tangerang Mulai Dapat Perhatian Pemerintah

By  Mei 30, 2017 | 12:09
Salah satu seniman mural wanita saat melukis di dinding kota Tangerang.(Banten Hits/Yogi Triandono)

Tangerang - Keindahan seni melukis di dinding di kota Tangerang mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat. Bahkan, proyek menghiasi dinding kota ini dianggap berpotensi memberi dampak baik bagi anak-anak muda yang beresiko terlibat masalah.

Pemerintah Kota Tangerang untuk akan menjadikan seni mural sebagai salah satu edukasi lewat kesenian kepada masyarakat. Salah satunya, di Jalan Berhias, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang yang sengaja di Kampung Mural yang dibuka langsung Wali Kota Tangerang.

"Kegiatan mural ini melibatkan beberapa pelajar atas dasar mengisi ngabuburit kearah yang lebih positif, yaitu melalui kreatifitas serta kampanye betapa pentingnya pendidikan seni," ujar Abdi, Seniman mural Kota Tangerang.

Mural yang dibuat sendiri, terdiri dari berbagai macam gambar. Abdi menerangkan, setiap gambar harus melalui proses riset sebelum diaplikasikan menjadi sebuah mural.

"Ada urban modern, pop art, tiga dimensi, dan landscape. Kita kan harus melakukan reset detailnya seperti apa, kalo memang cocok ya kita bisa terapkan visualnya," terang Abdi.

Menurutnya, kegiatan semacam ini harus terus mendapat dukungan dari pemerintah. Pasalnya, seni merupakan bentuk edukasi yang baik bagi masyarakat luas.

"keren ya, jarang banget kegiatan yang melibatkan pelajar, karena mengajak pelajar dan beberapa orang dinas yang terlibat, ya keren lah," kata Abdi.

Meski begitu, dirinya mengungkapkan kesenian mural tidak serta merta dapat menghilangkan kebiasaan vandalisme dari orang tidak bertanggung jawab. Namun, dirinya meyakini kesenian mural dapat mengalihkan perbuatan vandalisme tersebut.

"Sebenarnya tidak efektif juga mengurangi vandalisme tapi minimal ada pengaruhnya, kita coba mengarahkan mereka, vandal juga akan menjadi keren kalo terkonsep, akan mengganggu kalo hanya sekedar coretan," tandasnya.(Zie)

Yogi Triandono

Pria asal Teluk Naga, Kabupaten Tangerang ini memulai karir jurnalistik di Banten Hits. Dia menekuni dunia jurnalistik sesuai disiplin ilmu yang diperoleh semasa kuliah di Universitas Budi Luhur. Yogi juga memiliki ketertarikan yang mendalam terhadap dunia seni dan sastra.

Ayoo Berlangganan Berita Kami




Liputan Terkini BITV

Korban Gusuran Tidur di Kuburan

Jumat, 08 Des 2017 11:02 109

Korban Gusuran Tidur di Kuburan

Warga Panunggangan Barat Digusur

Kamis, 07 Des 2017 13:53 84

Warga Panunggangan Barat Digusur

Peringatan Maulid Nabi di PDAM TKR

Senin, 04 Des 2017 14:20 108

Peringatan Maulid Nabi di PDAM TKR

Perahu Nelayan Rusak Dihantam Gelombang

Jumat, 01 Des 2017 11:37 166

Perahu Nelayan Rusak Dihantam Gelombang