id

Pukul Bedug, Wagub Banten Buka Lebaran Betawi di Tangsel

By  Jul 29, 2017 | 17:49
Wagub Banten Andika Hazrumy memukul bedug tanda dibukanya gelaran budaya Lebaran Betawai di Tangerang Selatan. (Banten Hits/Muhtmimah)

Tangsel - Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, membuka Lebaran Betawi, di Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (29/7/2017). Gelaran budaya tersebut dibuka dengan pemukulan bedug oleh Andika.

Lebaran Betawi diselenggarakan oleh Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Tangsel (Limabeta) dan dinas pariwisata (dispar). Acara dibuka dengan Tarian Anggrek dan atraksi pencak silat. Lebaran Betawi akan ditutup pada Minggu (30/7) malam oleh Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany.

Andika berharap, kegiatan-kegiatan budaya seperti ini bisa ditempatkan di lokasi yang lebih luas agar semakin banyak masyarakat yang datang.

Menurutnya, digelarnya Lebaran Betawi menunjukkan eksistensi budaya Betawi di Banten. Dari event seperti ini, Andika menginginkan agar pemerintah daerah memberikan ruang seluas-luasnya bagi eksitensi budaya-budaya di Banten.

"Bisa melalui perwal atau pergub. Ini harus jadi contoh oleh daerah lain," ujarnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Tangsel, Chaerudin menjelaskan, Lebaran Betawi merupakan tradisi usai Idul Fitri yang dilakukan oleh masyakarat Betawi untuk melakukan hantaran dari yang lebih muda ke yang lebih tua.

Kegiatan yang sudah berlangsung kali ketiga pada setiap tahunnya tersebut turut dihadiri oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, Kadis Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati, Sekda Tangsel Muhamad, Budayawan Betawai Ridwan Saidi, dan komedian Narji.(Nda)

Muhtamimah

Muhtamimah biasa dipanggil Mimeh. Lahir di Cilacap, Jawa Tengah. Mimeh pernah magang di Harian Jogja sebagai syarat untuk menuntaskan studi Jurnalistik di UPN Veteran Yogyakarta. Perempuan ini memilih jurnalistik sebagai pilihan hidupnya karena tertarik dengan tantangan. Pemilik hobi musik ini bisa dihubungi di nomor HP: 082133730400 dan email: [email protected]

Ayoo Berlangganan Berita Kami




Liputan Terkini BITV

Error: No articles to display